Abuya Assayyid Muhammad Bin Alwi Almaliki Alhasani
As Sayyid Prof. Dr. Muhammad  bin Sayyid ‘Alawi bin Sayyid ‘Abbas bin Sayyid ‘Abdul ‘Aziz al-Maliki  al-Hasani al-Makki al-Asy’ari asy-Syadzili lahir di kota suci Makkah pada tahun 1365 H.  Pendidikan pertamanya adalah Madrasah Al-Falah, Makkah, dimana ayah  beliau Sayyid Alawi bin Abbas al Maliki sebagai guru agama di sekolah  tersebut yang juga merangkap sebagai pengajar di halaqah di Haram Makki,  dekat Bab As-salam 
Ayah beliau, Sayyid Alwi bin Abbas Almaliki  (kelahiran Makkah th 1328H), seorang alim ulama terkenal dan ternama di  kota Makkah. Disamping aktif dalam berdawah baik di Masjidil Haram atau  di kota kota lainnya yang berdekatan dengan kota Makkah seperti Thoif,  Jeddah dll, Sayyid Alwi Almaliki adalah seorang alim ulama yang pertama  kali memberikan ceramah di radio Saudi setelah salat Jumat dengan judul  “Hadist al-Jumah”.
Begitu pula ayah beliau adalah seorang  Qadhi yang selalu di panggil masyarakat Makkah jika ada perayaan  pernikahan.Selama menjalankan tugas da’wah, Sayyid Alwi bin Abbas  Almaiki selalu membawa kedua putranya Muhammad dan Abbas. Mereka berdua  selalu mendampinginya kemana saja ia pergi dan berceramah baik di Makkah  atau di luar kota Makkah. Adapun yang meneruskan perjalanan dakwah  setelah wafat beliau adalah Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki dan Sayyid  Abbas selalu berurusan dengan kemaslahatan kehidupan ayahnya.
Sebagaimana adat para Sadah dan Asyraf  ahli Makkah, Sayyid Alwi Almaliki selalu menggunakan pakaian yang  berlainan dengan ulama yang berada di sekitarnya. Beliau selalu  mengenakan jubbah, serban (imamah) dan burdah atau rida yang biasa  digunakan dan dikenakan Asyraf Makkah.
Setelah wafat Sayyid Alwi Almaiki,  anaknya Sayyid Muhammad tampil sebagai penerus ayahnya. Dan sebelumnya  ia selalu mendapatkan sedikit kesulitan karena ia merasa belum siap  untuk menjadi pengganti ayahnya. Maka langkah pertama yang diambil  adalah ia melanjutkan studi dan ta’limnya terlebih dahulu. Beliau  berangkat ke Kairo dan Universitas al-Azhar Assyarif  merupakan pilihanya. Setelah meraih S1, S2 dan S3 dalam fak Hadith dan  Ushuluddin beliau kembali ke Makkah untuk melanjutkan perjalanan yang  telah di tempuh sang ayah. Disamping mengajar di Masjidi Haram di  halaqah, beliau diangkat sebagai dosen di Universitas King Abdul Aziz-  Jeddah dan Univesitas Ummul Qura Makkah bagian ilmu Hadith dan  Usuluddin. Cukup lama beliau menjalankan tugasnya sebagai dosen di dua  Universiatas tsb, sampai beliau memutuskan mengundurkan diri dan memilih  mengajar di Masjidil Haram sambil menggarap untuk membuka majlis ta’lim  dan pondok di rumah beliau.
Adapun pelajaran yang di berikan baik  di masjid haram atau di rumah beliau tidak berpoin kepada ilmu tertentu  seperti di Universitas. Akan tetapi semua pelajaran yang diberikannya  bisa di terima semua masyarakat baik masyarakat awam atau terpelajar,  semua bisa menerima dan semua bisa mencicipi apa yang diberikan Sayyid  Maliki. Maka dari itu beliau selalu menitik-beratkan untuk membuat rumah  yang lebih besar dan bisa menampung lebih dari 500 murid per hari yang  biasa dilakukan selepas sholat Maghrib sampai Isya di rumahnya di Hay al  Rashifah. Begitu pula setiap bulan Ramadan dan hari raya beliau selalu  menerima semua tamu dan muridnya dengan tangan terbuka tanpa memilih  golongan atau derajat. Semua di sisinya sama tamu-tamu dan murid murid,  semua mendapat penghargaan yang sama dan semua mencicipi ilmu  bersama-sama.
Dari rumah beliau telah keluar  ulama-ulama yang membawa panji Rasulallah ke suluruh pelosok permukaan  bumi. Di mana negara saja kita dapatkan murid beliau, di India,  Pakistan, Afrika, Eropa, Amerika, apa lagi di Asia yang merupakan  sebagai orbit dahwah sayid Muhammad Almaliki, ribuan murid murid beliau  yang bukan hanya menjadi kyai dan ulama akan tetapi tidak sedikit dari  murid2 beliau yang masuk ke dalam pemerintahan.
Di samping pengajian dan taklim yang  rutin di lakukan setiap hari pula beliau telah berusaha mendirikan  pondok yang jumlah santrinya tidak sedikit, semua berdatangan dari  seluruh penjuru dunia, belajar, makan, dan minum tanpa di pungut biaya  sepeser pun bahkan beliau memberikan beasiswa kepada para santri sebagai  uang saku. Setelah beberapa tahun belajar para santri dipulangkan ke  negara-negara mereka untuk menyiarkan agama.
Sayid Muhammad Almaliki dikenal  sebagai guru, pengajar dan pendidik yang tidak beraliran keras, tidak  berlebih-lebihan, dan selalu menerima hiwar dengan hikmah dan mauidhah  hasanah.thariqahnya.
Dalam kehidupannya beliau selalu  bersabar dengan orang-orang yang tidak bersependapat baik dengan  pemikirannya atau dengan alirianya. Semua yang berlawanan diterima  dengan sabar dan usaha menjawab dengan hikmah dan menklirkan sesuatu  masalah dengan kenyataan dan dalil-dalil yang jitu bukan dengan emosi  dan pertikaian yang tidak bermutu dan berkesudahan. Beliau tahu persis  bahwa kelemahan Islam terdapat pada pertikaian para ulamanya dan ini  memang yang di inginkan musuh Islam. Sampai-sampai beliau menerima  dengan rela digeser dari kedudukannya baik di Universitas dan ta’lim  beliau di masjidil Haram. 
Semua ini beliau terima dengan  kesabaran dan keikhlasan bahkan beliau selalu menghormati orang orang  yang tidak bersependapat dan sealiran dengannya, semasih mereka memiliki  pandangan khilaf yang bersumber dari al-Quran dan Sunah. Adapun ulama  yang telah mendapat gemblengan dari Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki,  mereka pintar-pintar dan terpelajar. Di samping menguasai bahasa Arab,  mereka menguasai ilmu-ilmu agama yang cukup untuk dijadikan marja’ dan  reference di negara-negara mereka. Beliau ingin mengangkat derajat dan  martabat Muslimin menjadi manusia yang berperilaku baik dalam  muamalatnya kepada Allah dan kepada sesama, terhormat dalam perbuatan,  tindakan serta pikiran dan perasaannya. 
Beliau adalah orang cerdas dan  terpelajar, berani dan jujur serta adil dan cinta kasih terhadap sesama.  Itulah ajaran utama Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki. Beliau selalu  menerima dan menghargai pendapat orang dan menghormati orang yang tidak  sealiran dengannya atau tidak searah dengannya
Karya Tulis Beliau
Di samping tugas beliau sebagai da’i,  pengajar, pembibing, dosen, penceramah dan segala bentuk kegiatan yang  bermanfaat bagi agama, beliau pula seorang pujangga besar dan penulis  unggul. Tidak kurang dari 100 buku yang telah dikarangnya,  semuanya beredar di seluruh dunia. Tidak sedikit dari kitab2 beliau yang  beredar telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, Prancis, Urdu,  Indonesia dll.
Sayyid Muhammad merupakan seorang  penulis prolifik dan telah menghasilkan hampir seratus buah kitab.  Beliau telah menulis dalam pelbagai topik agama, undang-undang, social  serta sejarah, dan kebanyakan bukunya dianggap sebagai rujukan utama dan  perintis kepada topik yang dibicarakan dan dicadangkan sebagai buku  teks di Institusi-institusi Islam di seluruh dunia. Kita sebutkan  sebahagian hasilnya dalam pelbagai bidang:
Aqidah: 
1. Mafahim Yajib an Tusahhah
2. Manhaj As-salaf fi Fahm An-Nusus
3. At-Tahzir min at-Takfir
4. Huwa Allah
5. Qul Hazihi Sabeeli
6. Sharh ‘Aqidat al-‘Awam
2. Manhaj As-salaf fi Fahm An-Nusus
3. At-Tahzir min at-Takfir
4. Huwa Allah
5. Qul Hazihi Sabeeli
6. Sharh ‘Aqidat al-‘Awam
Tafsir:
1. Zubdat al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an
2. Wa Huwa bi al-Ufuq al-‘A’la
3. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ulum al-Quran
4. Hawl Khasa’is al-Quran
2. Wa Huwa bi al-Ufuq al-‘A’la
3. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ulum al-Quran
4. Hawl Khasa’is al-Quran
Hadith:
1. Al-Manhal al-Latif fi Usul al-Hadith al-Sharif
2. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ilm Mustalah al-Hadith
3. Fadl al-Muwatta wa Inayat al-Ummah al-Islamiyyah bihi
4. Anwar al-Masalik fi al-Muqaranah bayn Riwayat al-Muwatta lil-Imam Malik
2. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ilm Mustalah al-Hadith
3. Fadl al-Muwatta wa Inayat al-Ummah al-Islamiyyah bihi
4. Anwar al-Masalik fi al-Muqaranah bayn Riwayat al-Muwatta lil-Imam Malik
Sirah:
1. Muhammad (Sallallahu Alaihi Wasallam) al-Insan al-Kamil
2. Tarikh al-Hawadith wa al-Ahwal al-Nabawiyyah
3. ‘Urf al-Ta’rif bi al-Mawlid al-Sharif
4. Al-Anwar al-Bahiyyah fi Isra wa M’iraj Khayr al-Bariyyah
5. Al-Zakha’ir al-Muhammadiyyah
6. Zikriyat wa Munasabat
7. Al-Bushra fi Manaqib al-Sayyidah Khadijah al-Kubra
2. Tarikh al-Hawadith wa al-Ahwal al-Nabawiyyah
3. ‘Urf al-Ta’rif bi al-Mawlid al-Sharif
4. Al-Anwar al-Bahiyyah fi Isra wa M’iraj Khayr al-Bariyyah
5. Al-Zakha’ir al-Muhammadiyyah
6. Zikriyat wa Munasabat
7. Al-Bushra fi Manaqib al-Sayyidah Khadijah al-Kubra
Usul:
1. Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi Usul al-Fiqh
2. Sharh Manzumat al-Waraqat fi Usul al-Fiqh
3. Mafhum al-Tatawwur wa al-Tajdid fi al-Shari‘ah al-Islamiyyah
2. Sharh Manzumat al-Waraqat fi Usul al-Fiqh
3. Mafhum al-Tatawwur wa al-Tajdid fi al-Shari‘ah al-Islamiyyah
Fiqh:
1. Al-Risalah al-Islamiyyah Kamaluha wa Khuluduha wa ‘Alamiyyatuha
2. Shawariq al-Anwar min Ad‘iyat al-Sadah al-Akhyar
3. Abwab al-Faraj
4. Al-Mukhtar min Kalam al-Akhyar
5. Al-Husun al-Mani‘ah
6. Mukhtasar Shawariq al-Anwar
2. Shawariq al-Anwar min Ad‘iyat al-Sadah al-Akhyar
3. Abwab al-Faraj
4. Al-Mukhtar min Kalam al-Akhyar
5. Al-Husun al-Mani‘ah
6. Mukhtasar Shawariq al-Anwar
Lain-lain:
1. Fi Rihab al-Bayt al-Haram (Sejarah Makkah)
2. Al-Mustashriqun Bayn al-Insaf wa al-‘Asabiyyah (Kajian Berkaitan Orientalis)
3. Nazrat al-Islam ila al-Riyadah (Sukan dalam Islam)
4. Al-Qudwah al-Hasanah fi Manhaj al-Da‘wah ila Allah (Teknik Dawah)
5. Ma La ‘Aynun Ra’at (Butiran Syurga)
6. Nizam al-Usrah fi al-Islam (Peraturan Keluarga Islam)
7. Al-Muslimun Bayn al-Waqi‘ wa al-Tajribah (Muslimun, Antara Realiti dan Pengalaman)
8. Kashf al-Ghumma (Ganjaran Membantu Muslimin)
9. Al-Dawah al-Islahiyyah (Dakwah Pembaharuan)
10. Fi Sabil al-Huda wa al-Rashad (Koleksi Ucapan)
11. Sharaf al-Ummah al-Islamiyyah (Kemulian Ummah Islamiyyah)
12. Usul al-Tarbiyah al-Nabawiyyah (Metodologi Pendidikan Nabawi)
13. Nur al-Nibras fi Asanid al-Jadd al-Sayyid Abbas (Kumpulan Ijazah Datuk beliau, As-Sayyid Abbas)
14. Al-‘Uqud al-Lu’luiyyah fi al-Asanid al-Alawiyyah (Kumpulan Ijazah Bapa beliau, As-Sayyid Alawi)
15. Al-Tali‘ al-Sa‘id al-Muntakhab min al-Musalsalat wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
16. Al-‘Iqd al-Farid al-Mukhtasar min al-Athbah wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
2. Al-Mustashriqun Bayn al-Insaf wa al-‘Asabiyyah (Kajian Berkaitan Orientalis)
3. Nazrat al-Islam ila al-Riyadah (Sukan dalam Islam)
4. Al-Qudwah al-Hasanah fi Manhaj al-Da‘wah ila Allah (Teknik Dawah)
5. Ma La ‘Aynun Ra’at (Butiran Syurga)
6. Nizam al-Usrah fi al-Islam (Peraturan Keluarga Islam)
7. Al-Muslimun Bayn al-Waqi‘ wa al-Tajribah (Muslimun, Antara Realiti dan Pengalaman)
8. Kashf al-Ghumma (Ganjaran Membantu Muslimin)
9. Al-Dawah al-Islahiyyah (Dakwah Pembaharuan)
10. Fi Sabil al-Huda wa al-Rashad (Koleksi Ucapan)
11. Sharaf al-Ummah al-Islamiyyah (Kemulian Ummah Islamiyyah)
12. Usul al-Tarbiyah al-Nabawiyyah (Metodologi Pendidikan Nabawi)
13. Nur al-Nibras fi Asanid al-Jadd al-Sayyid Abbas (Kumpulan Ijazah Datuk beliau, As-Sayyid Abbas)
14. Al-‘Uqud al-Lu’luiyyah fi al-Asanid al-Alawiyyah (Kumpulan Ijazah Bapa beliau, As-Sayyid Alawi)
15. Al-Tali‘ al-Sa‘id al-Muntakhab min al-Musalsalat wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
16. Al-‘Iqd al-Farid al-Mukhtasar min al-Athbah wa al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
Catatan diatas adalah kitab As-Sayyid  Muhammad yang telah dihasilkan dan diterbitkan. Terdapat banyak lagi  kitab yang tidak disebutkan dan juga yang belum dicetak.Kita juga tidak  menyebutkan berapa banyak karya tulis yang telah dikaji, dan diterbitkan  untuk pertama kali, dengan ta’liq (catatan kaki) dan komentar dari  As-Sayyid Muhammad. Secara keseluruhannya, sumbangan As-Sayyid Muhammad  amat agung.Banyak hasil kerja As-Sayyid Muhammad telah diterjemahkan ke  pelbagai bahasa.
Mafahim Yujibu an-Tusahhah  (Konsep-konsep yang perlu diluruskan) adalah salah satu kitab karya  Sayyid Muhammad, red.) bersinar layaknya suatu kemilau mutiara. Inilah  seorang manusia yang menantang rekan-rekan senegaranya, kaum  Salafi-Wahhabi, dan membuktikan kesalahan doktrin-doktrin mereka dengan  menggunakan sumber-sumber dalil mereka.
Untuk keberanian intelektualnya ini,  Sayyid Muhammad dikucilkan dan dituduh sebagai “seorang yang sesat”.  Beliau pun dicekal dari kedudukannya sebagai pengajar di Haram (yaitu di  Masjidil Haram, Makkah, red.). Kitab-kitab karya beliau dilarang,  bahkan kedudukan beliau sebagai professor di Umm ul-Qura pun dicabut.  Beliau ditangkap dan passport-nya ditahan. Namun, dalam menghadapi semua  hal tersebut, Sayyid Muhammad sama sekali tidak menunjukkan kepahitan  dan keluh kesah. Beliau tak pernah menggunakan akal dan  intelektualitasnya dalam amarah, melainkan menyalurkannya untuk  memperkuat orang lain dengan ilmu (pengetahuan) dan tasawwuf.
Pada akhir hayatnya yang berkenaan  dengan adanya kejadian teroris di Saudi Arabia, beliau mendapatkan  undangan dari ketua umum Masjidil Haram Syeikh sholeh bin Abdurahman  Alhushen untuk mengikuti “Hiwar Fikri” di Makkah yang diadakan pada tg 5 sd 9 Dhul Q’idah 1424 H dengan judul “Al-qhuluw wal I’tidal Ruya Manhajiyyah Syamilah”,  di sana beliau mendapat kehormatan untuk mengeluarkan pendapatnya  tentang thatarruf atau yang lebih poluler disebut ajaran yang beraliran  fundamentalists atau extremist. Dan dari sana beliau telah meluncurkan  sebuah buku yang sangat popular dikalangan masyarakat Saudi yang  berjudul “Alqhuluw Dairah Fil Irhab Wa Ifsad Almujtama”. Dari situ, mulailah pandangan dan pemikiran beliau tentang da’wah selalu mendapat sambutan dan penghargaan masyarakat luas.
Pada tanggal 11/11/1424, beliau  mendapat kesempatan untuk memberikan ceramah di hadapan wakil raja Amir  Abdullah bin Abdul Aziz yang isinya beliau selalu menggaris-bawahi akan  usaha menyatukan suara ulama dan menjalin persatuan dan kesatuan da’wah.
Beliau wafat hari jumat tanggal 15  ramadhan 1425 dan dimakamkan di pemakaman Al-Ma’la disamping kuburan  istri Rasulullah Sayyidah Khadijah binti Khuwailid ra. Dan yang  menyaksikan penguburan beliau seluruh umat muslimin yang berada di  Makkah pada saat itu termasuk para pejabat, ulama, para santri yang  datang dari seluruh pelosok negeri, baik dari luar Makkah atau dari luar  negeri.
Semuanya menyaksikan hari terakhir  beliau sebelum disemayamkan, semua menyaksikan janazah beliau setelah  disembahyangkan di Masjidil Haram ba’da sholat isya yang dihadiri oleh  tidak kurang dari sejuta manusia. Begitu pula selama tiga hari tiga  malam rumahnya terbuka bagi ribuan orang yang ingin mengucapkan  belasungkawa dan melakukan `aza’. Dan di hari terakhir `Aza, wakil Raja  Saudi, Amir Abdullah bin Abdul Aziz dan Amir Sultan datang ke rumah  beliau untuk memberikan sambutan belasungkawa dan mengucapkan selamat  tinggal kepada pemimpin agama yang tidak bisa dilupakan umat.
Semoga kita bisa meneladani beliau. Amien.
Sumber : http://madinatulilmi.com 






















 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar