Jumat, 10 Juni 2011


Carilah Rizki dengan Jalan yang Halal


Alloh SWT  memberi kabar gembira bagi orang yang beriman dan beramal sholeh bahwa ia akan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan ganjaran yang lebih baik di akhirat, sebagaimana tertuang dalam QS An-Nahl 97:
” Barang siapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya Kami berikan kepadanya kehidupan yang baikdan sesungguhnya akan  Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”.
Sejumlah ahli tafsir menjelaskan bahwa kehidupan yang baik itu adalah mendapatkan rizki yang halal dan baik, atau hidup merasa cukup dengan rizki yang ada.  Sementara Ibnu Abbas menafsirkan yakni kebahagiaan hidup dengan rizki halal dan baik serta  merasa kenikmatan dalam beribadah. Hal ini berbeda dengan orang kafir, dimana amal baik yang dilakukannya hanya akan mendapatkan pahala di dunia saja,  sedangkan di akhirat kelak dia tidak mendapatkannya.
Terkait dengan rizki, menjadi keyakinan bagi kita sebagai orang yang beriman, bahwa sesungguhnya  rizki setiap makhluk sudah ditentukan oleh Alloh SWT, sehingga tidak ada yang mampu menahannya. Alloh SWT telah menetapkan taqdir termasuk rizki setiap hambanya 50 ribu tahun sebelum alam semesta ditetapkan. Pada bulan ke-4 dalam kandungan,  Alloh SWT memerintahkan malaikat untuk menentukan 4 hal kepada setiap manusia, termasuk salah satunya adalah rizki.
Alangkah buruknya bagi kita, jika dalam mencari rizki dilalui dengan jalan yang dimurkai Alloh SWT, syirik dan maksiat. Nabi Muhammad berpesan dalam haditsnya,  ”Wahai manusia, bertaqwalah kepada Alloh SWT dan carilah rizki dengan jalan yang halal, sesungguhnya sesorang tidak akan dimatikan sebelum didapatkan rizkinya”.
Namun, meskipun Alloh SWT telah menetapkan rizki tersebut, tetapi Dia tidak menerangkan ukurannya.  Sehingga menjadi kewajiban bagi kita untuk berlomba-lomba mencari rizki dengan cari baik dan halal, agar mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan akhirat.






















Tidak ada komentar: