Sabtu, 29 Januari 2011

Segala sesuatu terjadi,berkat Rahmat ALLAH SWT

Bismillahirrahmanirrahiim…

Dari Jabir bin Abdullah ra. Beliau berkata : Rasulullah SAW keluar menuju kami, lalu bersabda “Baru saja kekasihku malaikat Jibril keluar dan memberitahu :

Wahai Muhammad, demi dzat yang mengutusmu dengan kebenaran. Sesungguhnya ALLAH memiliki hamba diantara sekian banyak hamba-Nya yang melakukan ibadah selama 500 tahun, ia hidup di puncak gunung yang berada di tengah laut.

Lebarnya 30 hasta dan panjangnya 30 hasta juga. Sedangkan jarak lautan tersebut dari masing-masing arah angin sepanjang 4000 farsakh. ALLAH mengeluarkan mata air di puncak gunung itu hanya seukuran jari, air mengalir sedikit demi sedikit hingga menggenang di bawah kaki gunung.



ALLAH juga menumbuhkan pohon delima, yang setiap malam mengeluarkan satu buah delima untuk dimakan pada siang hari. Jika hari menjelang petang, hamba itu turun ke bawah mengambil air wudhu’ sambil memetik buah delima untuk dimakan kemudian mengerjakan sholat. Ia berdo’a kepada ALLAH jika waktu ajal tiba agar ia diwafatkan dalam keadaan bersujud, dan mohon agar jasadnya jangan sampai rusak dimakan tanah atau lainnya hingga ia dibangkitkan dalam keadaan bersujud.

Demikianlah kami dapati, jika kami lewat dihadapannya melewati gunung tersebut.

Selanjutnya, ketika ia dibangkitkan pada hari kiamat ia dihadapkan pada ALLAH. Lalu ALLAH berfirman ‘Masukkan hamba-Ku ini kedalam surga karena rahmat-Ku’.

Hamba itu membantah : Yaa Rabbiy, aku masuk ke surga karena perbuatanku..’

Kemudian ALLAH memerintah kepada malaikat :’Cobalah kalian timbang, lebih berat mana antara kenikmatan yang aku berikan kepadanya dengan amal perbuatannya’

Maka ia dapati kenikmatan penglihatan yang dimilikinya lebih berat dibanding dengan ibadahnya selama 500 tahun, belum lagi kenikmatan anggota tubuh yang lain.

ALLAH berfirman : Sekarang masukkanlah hambaku ini ke neraka!’

Kemudian hamba itu lalu berkata : Yaa Rabbiy, benar aku masuk ke surga-Mu hanya karena rahmat-Mu. Masukkanlah aku kedalam surga-Mu.

ALLAH berfirman : Kembalikanlah ia.

Kemudian ia dihadapkan lagi di depan ALLAH.

ALLAH bertanya :’Wahai hamba-Ku, siapakah yang menciptakanmu ketika kamu belum menjadi apa-apa?’

Hamba tersebut menjawab :’Engkau, wahai Tuhanku’

ALLAH bertanya lagi :’Yang demikian itu karena keinginanmu sendiri atau berkat rahmat-Ku?’
Dia menjawab :’Semata-mata karena Rahmat-Mu’

ALLAH bertanya :’Siapakah yang memberi kekuatan kepadamu hingga kamu mampu mengerjakan ibadah selama 500 tahun?’

Dia menjawab :’Engkau yaa Rabbiy…’

ALLAH bertanya :’Siapakah yang menempatkanmu berada di gunung dikelilingi ombak laut, kemudian mengalirkan untukmu air segar, ditengah-tengah laut yang asin, lalu setiap malam memberimu buah delima yang seharusnya berbuah satu tahun sekali?. Disamping itu semua, kamu mohon kepada-Ku agar Aku mencabut nyawamu ketika kamu bersujud, dan telah aku penuhi permohonanmu!?’

Dia menjawab :’Engkau yaa rabbiy…’

ALLAH SWT berfirman ’Itu semau berkat Rahmat-Ku. Dan hanya dengan rahmatku pula aku memasukkanmu ke dalam surga. Sekarang masukkanlah hambaku ini ke dalam surga! Hamba-Ku yang paling banyak memperoleh kenikmatan adalah kamu wahai hamba-Ku.

Kemudian ALLAH SWT memasukkannya kedaalam surga.

Jibril melanjutkan ’Wahai Muhammad, sesungguhnya segala sesuatu terjadi berkat Rahmat ALLAH SWT’
****
Walillahi Taufiq,
[dari buku 99 kisah orang shalih]

Tidak ada komentar: