Jumat, 10 Juni 2011



Meng-Imani Nabi dan Rosul
Iman kepada nabi dan rosul merupakan bagian dari rukun iman. Seorang muslim wajib mengimani keberadaan nabi dan rosul baik yang namanya disebutkan dalam al-Quran, maupun yang tidak disebutkan. Berdasarkan apa yang yang disebutkan dalam al-Quran, jumlah nabi yang wajib diketahui berjumlah 25. Sementara itu, para ulama tidak sepakat mengenai jumlah pasti nabi dan rosul selain yang disebutkan al-Quran.
Intinya, kita harus meyakini bahwa Alloh telah mengutus beberapa nabi dan rosul, diantara mereka ada yang dikisahkan dalam al-Quran dan sebagian mereka ada yang tidak dikisahkan. Sejak zaman nabi Adam sampai dengan zaman nabi Muhammad, Alloh telah mengutus ribuan nabi dan rosul untuk setiap generasi, bangsa, atau umat. Fungsi mereka adalah mengajak beriman dan beribadah kepada Alloh serta menegakkan agama Alloh (Islam).
“Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada suatu umat pun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan. (QS. 35:24)
Yang wajib kita katahui sebagaimana yang dijelaskan al-Quran adalah 25 nabi dan rosul, masing-masing adalah sebagai berikut:
Ibrahim (Al An’am 83) , Ishak, Yakub, Nuh, Daud, Sulaiman, Ayub, Yusuf, Musa, Harun (Al-An’am 84) , Zakaria, Yahya, Isa, Ilyas (Al-An’am 85) , Ismail, Alyasa, Yunus, Lut (al-An’am 86)
Hud (Hud 50, al-A’raf 65), Saleh (Hud 61), Syuaib (Al-A’raf 85, Hud 84), Adam,  Nuh,  kel Ibrahim (Ali Imran 33), Ismail, Idris, Zulkifli (al-anbiya 85), dan Muhammad (al-Fath 29)
Sebelun nabi Muhammad saw diutus, dalam satu kurun waktu tertentu bisa terdapat lebih dari satu nabi atau rosul. Masing-masing diutus untuk tempat, kaum, kabilah, suku atau bahasa tertentu. Namun saat ini, hanya ada satu nabi / rosul yang diutus untuk seluruh alam semesta, yakni nabi Muhammad saw.
Nabi yang terdapat dalam al-Quran, wajib diimani risalahnya dengan terperinci. Siapa yang mengingkarinya  maka dia kufur. Sementara itu, nabi /rosul yang tidak dikisahkan dalam al-Quran hanya wajid diimani secara global. Tidak boleh mengatakan si fulan nabi, karena ia tidak disebutkan namanya dalam al-Quran.
Diantara 25 nabi / rosul yang disebutkan dalam al-Quran terdapat 5 nabi/rosul pilihan, sebagaimana disebutkan dalam al-Quran al-Ahzab 7. Mereka itu adalah Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad.
“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri), dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh”
“Mereka itulah orang-orang yang telah kami berikan kepada mereka kitab, hikmah (pemahaman agama) dan kenabian. Jika orang-orang (Quraisy) itu mengingkarinya (yang tiga macam itu), maka sesungguhnya Kami akan menyerahkannya kepada kaum yang sekali-kali tidak akan mengingkarinya. (QS. 6:89)”




Tidak ada komentar: